top of page

Non-Medical Home Services

Public·24 members

Cara Mengetahui Apakah Web Yang Kita Kunjungi Aman



Guna mengetahui apakah suatu situs aman untuk dibuka, Anda dapat memeriksa info keamanan terkait situs tersebut. Chrome akan memberikan peringatan jika Anda tidak dapat membuka situs secara aman atau pribadi.




Cara Mengetahui Apakah Web yang kita kunjungi Aman



KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Situs Google Transparency Report untuk mengecek apakah suatu situs web aman atau tidak untuk dikunjungi.Untuk mengetahui situs web aman atau tidak, pengguna tinggal mengeceknya di situs Google Transparency Report ini. Berikut langkah-langkah selengkapnya.


Kamu juga bisa meminta bantuan Google untuk cek website penipu melalui laporan transparansi Google yang bisa kamu kunjungi di sini. Kamu hanya perlu memasukkan URL website yang kamu curigai, Kemudian Google akan memberikan informasi jika website tersebut berisi konten yang aman maupun tidak aman.


Tombol Identitas Situs adalah fitur keamanan Firefox yang memberi Anda informasi lebih lanjut tentang situs yang Anda kunjungi. Anda dapat dengan cepat mengetahui apakah situs web yang sedang Anda lihat dienkripsi, apakah sudah diverifikasi, siapa yang memiliki website, dan yang memverifikasi itu. Hal ini akan membantu Anda menghindari situs-situs berbahaya yang mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.


Pencegahan Pelacakan Pintar membantu melindungi Anda dari pelacakan yang tidak diinginkan dengan menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk menghentikan pelacak sambil memungkinkan situs web untuk berfungsi secara biasa. Sembunyikan Alamat IP meningkatkan Pencegahan Pelacakan Pintar dengan mengirimkan sebagian lalu lintas web Anda melalui dua relai terpisah yang dioperasikan oleh entitas yang berbeda. Yang pertama mengetahui alamat Protokol Internet (IP) Anda, tapi tidak situs web yang sedang Anda kunjungi. Yang kedua mengetahui situs web yang sedang Anda kunjungi, tapi tidak alamat IP Anda, sebagai gantinya menyediakan identitas dan lokasi umum ke situs web tujuan. Dengan demikian, tidak ada satu entitas pun yang memiliki informasi untuk mengidentifikasi Anda dan situs yang Anda kunjungi.


Saat Peringatan Situs Web Palsu diaktifkan, Safari akan menampilkan peringatan jika situs web yang Anda kunjungi diduga situs web phishing. Phishing adalah upaya pemalsuan untuk mencuri data personal Anda, seperti nama pengguna, kata sandi, dan informasi akun lainnya. Situs web palsu menyamar sebagai situs web resmi, seperti bank, lembaga finansial, atau penyedia layanan email. Sebelum mengunjungi situs web, Safari dapat mengirimkan informasi yang dikalkulasi dari alamat situs web ke Penelusuran Aman Google dan Apple untuk memeriksa apakah situs web tersebut palsu. Untuk pengguna yang mengatur Tiongkok daratan atau Hong Kong sebagai wilayah mereka di Pengaturan > Umum > Bahasa dan Wilayah, Safari juga dapat menggunakan Penelusuran Aman Tencent untuk melakukan pemeriksaan ini. Alamat situs web yang sebenarnya tidak pernah dibagikan dengan penyedia penelusuran aman. Google (dan, bagi pengguna yang mengatur Tiongkok daratan atau Hong Kong sebagai wilayahnya, Tencent) juga dapat mencatat alamat IP Anda saat informasi dikirimkan ke mereka. Anda dapat menonaktifkan Peringatan Situs Web Palsu di Safari kapan pun dengan membuka Pengaturan > Safari, lalu mengetuk untuk mematikan Peringatan Situs Web Palsu.


Saat Anda membuka app atau situs web yang menggunakan Apple Pay di iPhone, iPad, atau Apple Watch, app atau situs web dapat memeriksa apakah Anda telah mengaktifkan Apple Pay di perangkat tersebut. Anda akan selalu dapat menonaktifkan situs web yang Anda kunjungi agar tidak memeriksa apakah Apple Pay diaktifkan dengan membuka pengaturan Periksa Apple Pay di perangkat iOS atau iPadOS Anda di Pengaturan > Safari > Privasi & Keamanan.


Saat Penelusuran Pribadi diaktifkan, Safari tidak mengingat halaman yang Anda kunjungi, informasi Isi-Auto, dan tab terbuka Anda tidak disimpan di iCloud atau diselaraskan di semua perangkat Anda. Situs web tidak dapat memodifikasi informasi yang disimpan di perangkat Anda, jadi layanan yang biasanya tersedia di situs mungkin bekerja secara berbeda hingga Anda mematikan Penelusuran Pribadi.


Penerjemahan Halaman Web Safari menganalisis setiap halaman web yang Anda kunjungi untuk menentukan bahasanya. Penentuan ini dijalankan sepenuhnya di perangkat Anda. Jika halaman web dapat diterjemahkan ke bahasa mana pun yang Anda pilih, Anda dapat memilih untuk menerjemahkannya. Jika Anda menerjemahkan, Safari akan mengirimkan konten halaman web (termasuk teks lengkapnya) ke server Apple untuk diterjemahkan. Setelah penerjemahan selesai, Apple akan menghapus konten halaman web.


Agar dapat memberi Anda pengalaman menelusuri yang lebih baik, setelah menerjemahkan halaman web tertentu, halaman web lainnya dalam domain yang sama yang Anda kunjungi di tab yang sama juga dapat diterjemahkan. Safari akan berhenti menerjemahkan secara otomatis saat Anda mengunjungi halaman web yang tidak lagi dalam bahasa asli yang sama atau halaman web di domain berbeda.


Anda dapat mengunduh ekstensi Safari dari App Store. Jika perangkat Anda dikelola, perusahaan atau institusi pendidikan Anda mungkin akan menyediakan app yang disertai dengan ekstensi Safari. Sebelum menggunakan ekstensi Safari, Anda harus menyalakannya di Safari atau dengan membuka Pengaturan > Safari > Ekstensi. Setelah dinyalakan, Anda harus mengizinkan ekstensi untuk membaca atau memodifikasi halaman web yang Anda kunjungi. Anda dapat mengubah situs web mana yang dapat dibaca dan dimodifikasi ekstensi dengan membuka Pengaturan > Safari > Ekstensi.


Untuk mengetahui tingkat keamanan website, tidak jarang vendor security menawarkan kita untuk menginstall software atau plugins untuk web browser, misalnya SiteAdvisor software (dari McAfee), AVG Link Scanner, LinkExtend, Norton Safe Web Lite, BrowserDefender dan lainnya. Meskipun software ini sangat membantu, tetapi terkadang ini memperlambat proses browsing, karena setiap saat harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.


  • McAfee SiteAdvisor softwareSelain menyediakan software toolbar untuk mengetahui keamanan sebuah website, kita juga bisa langsung mengecek online melalui Site Advisor. Informasi yang diberikan seperti kemungkinan website spam, menyebarkan spyware, adware dan berbagai informasi lainnya. Sayangnya Site Advisor sepertinya hanya mengecek root domain, misalnya ketika mencari ebsoft.web.id, maka hanya menampilkan root domain : web.id.

Norton Safe WebNorton sebagai salah satu vendor security juga menyediakan fasilitas online untuk mengecek apakah sebuah website aman, berbahaya atau harus diwaspadai. Informasi mencakup : bahaya untuk komputer, ancaman pencurian identitas, termasuk review komunitas.


  • Kunjungi: Norton Safe Web

  • BrowserDefenderBrowserDefender dibuat oleh PCTools, salah satu vendor keamanan. Melalui situsnya, kita bisa mengecek apakah sebuah website aman atau tidak. Tidak banyak informasi yang diberikan, hanya informasi bahwa website yang dicari anam atau tidak.

  • Web Security GuardWeb Security Guard memberikan informasi yang detail tentang tingkat keamanan alamat sebuah website, seperti : informasi domain, server, rating pengguna serta review dari pengguna.

Dari beberapa situs diatas, kita tidak bisa menentukan mana yang terbaik, tetapi sebaiknya digunakan beberapa untuk mengecek tingkat keamanan website yang akan kita kunjungi. Meskipun hasilnya tidak menjamin 100% akurat, tetapi paling tidak membuat kita lebih berhati-hati ketika akan mengunjungi sebuah website yang belum kita kenal.


Terkadang banyak juga situs-situs yang tidak terdefinisi oleh WOT. Biasanya karena situs ini masih relatif baru (contohnya situs saya ;). Untuk mengetahui keamanan alamat situs tersebut, kita bisa memindainya melalui situs online scanner yang mengkombinasikan berbagai engine AV seperti URLVoid atau VirusTotal.


Jika Relai Pribadi diaktifkan, permintaan akan dikirim melalui dua relai internet yang aman dan terpisah. Alamat IP dapat dilihat oleh penyedia jaringan dan relai pertama, yang dioperasikan oleh Apple. Catatan DNS akan dienkripsi, sehingga tidak ada pihak yang dapat melihat alamat situs web yang Anda coba kunjungi. Relai kedua, yang dioperasikan oleh penyedia konten pihak ketiga, menghasilkan alamat IP sementara, mendekripsi nama situs web yang Anda minta, dan menghubungkan Anda ke situs. Seluruh proses ini dilakukan menggunakan standar internet terbaru untuk mempertahankan pengalaman penelusuran berkinerja tinggi sekaligus melindungi privasi.


Relai Pribadi menggunakan koneksi tunggal yang aman untuk mempertahankan privasi dan kinerja. Desain ini mungkin memengaruhi hasil pengujian kecepatan jaringan yang pada umumnya membuka beberapa koneksi secara bersamaan untuk memberikan hasil terbaik. Meski hasil beberapa pengujian kecepatan mungkin tampak lebih rendah saat Relai Pribadi diaktifkan, pengalaman penelusuran sebenarnya tetap cepat dan privat.


Anda juga dapat memeriksa situs melalui pencarian situs aman Google dengan mengunjungi: -browsing/search. Tulis alamat situs web atau URL yang dicurigai. Nanti muncul hasilnya yang menunjukkan apakah situs itu berbahaya atau tidak.


Oleh karena itu, sebaiknya periksa usia domain yang dicurigai atau ingin dituju. Sehingga, Anda dapat mengetahui atau melihat sudah berapa lama situs web tersebut beroperasi, memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang kebenaran dari situs itu.


Cari beberapa cara untuk menghubungi perusahaan pemilik situs web, bisa melalui telepon, email, dll. Jika ada kontak yang disediakan di situs web tersebut, cobalah menghubungi untuk memverifikasi keabsahan situs webnya. Jika situs itu tidak memiliki halaman kontak atau kontak yang dapat dihubungi, itu kemungkinan situs web tidak sah.


Secara garis besar, protokol komunikasi antara client dengan server selalu menggunakan konsep HTTP. Jika ingin menerapkan protokol HTTPS, maka dibutuhkan sertifikat berupa SSL (Secure Socket Layers). Terdapat 6 jenis SSL yang dapat dibeli oleh web developer. Penggunaan ini akan memunculkan tanda gembok pada bilah alamat URL website. Sehingga pengunjung akan mempercayai website tersebut aman digunakan untuk pemberian informasi atau transaksi yang tergolong sensitif. SSL sangat berguna untuk merahasiakan informasi penting seperti password e-banking, e-money, identitas dan sebagainya.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page